Tuesday, February 27, 2024
spot_img
HomeEVENTMenanti Kiprah Istimewa Indonesia dalam Ajang Village International Gastronomie di Paris

Menanti Kiprah Istimewa Indonesia dalam Ajang Village International Gastronomie di Paris

Mengawali kondisi membaiknya era pandemi ini, tahun ini Indonesia aktif berpartisipasi pada event international yakni Village International Gastronomie didukung penuh oleh Presiden Perancis, Emanuel Macron. Selain Presiden Macron, acara ini juga didukung oleh Chef Guy Savoie yang merupakan seorang Chef terrnama asal Perancis. Chef Guy Savoie terkenal karena prestasi mumpuni, karena meraih penghargaan Michelin Star Bintang 3.

Village International Gastronomie adalah event yang istimewa. Karena bukan hanya sekedar bazaar yang menampilkan makanan khas dari setiap negara, tetapi juga promosi budaya, ekonomi, politik dan pariwisata lewat gastronomi. Ini yang biasa kita sebut sebagai Gastrodiplomasi. 

Tahun ini partisipasi akan lebih spesial karena Indonesia tampil sebagai negara kehormatan (Honor Country) di Village International Gastronomie. Ini merupakan suatu pencapaian yang istimewa, karena dipilih menjadi Honor Country. Ini membuktikan kepercayaan yang tinggi dari pemerintah Perancis atas komitmen Indonesia dalam mempromosikan gastronomi dan produk-produk terbaik Indonesia di Perancis. 

La Maison De L’Indonesie oleh Eka Moncarre sebagai official partner dan koordinator ekslusif d Village International Gastronomie akan tampil dengan menggandeng partner-partner dari Indonesia yakni foundation Kembang Sri Samudera, Jakarta Kopi Premium dan Pemkab Teluk Bintuni. Lewat event ini, akan mengenalkan kebudayaan serta keunikan kuliner khas Teluk Bintuni.

Selama acara berlangsung akan menampilkan kuliner Indonesia, mulai dari kopi, teh, jamu, aneka rempah-rempah dan juga produk-produk wellness, wastra hingga wayang. Dalam wawancara yang tim redaksi lakukan, harapan pada giat event ini “khususnya untuk KSS sendiri adalah sebagai pintu pembuka awal untuk memperkenalkan culture, tourism dan product Indonesia yang berkelanjutan di dunia internasional dimana kami juga terus melakukan terobosan dan berkolaborasi dengan mitra kerja dari penggiat pelestari budaya dan berkolaborasi dengan young entrepreneur dibidang UMKM” ungkap Ayu salah satu co-founder dari Kembang Sri Samudera Foundation.

Lokasi pameran Village International Gastronomie 2022 akan diadakan di tempat paling bergengsi di Paris, yaitu Trocadero Garden di depan Eiffel Tower dari 1-6 september. Event ini akan diikuti oleh 48 negara dan menjadi ajang untuk mengenalkan produk dan budaya Indonesia. “Jakarta Kopi Premium akan bertugas untuk Indonesia sebagai platform pebisnis kopi nusantara yang siap mempromosikan dan melebarkan marketnya dalam giat acara event Gastronomie Paris 2022 ini” ungkap bapak Aripin selaku founder Jakarta Kopi Premium.

Pada 3 September 2022, akan ada gelaran Indonesian Day. Di hari itu, Indonesia akan mempromosikan kuliner andalan Nusantara sekaligus memperkenalkan ragam produk khas Teluk Bintuni. “Kedepan pemerintah daerah berharap hasil alam Teluk Bintuni bisa langsung di eksport dari Bintuni, serta pemerintah akan menyiapkan infrastruktur dan juga regulasi agar investor tertarik berinvestasi ke bintuni” dalam ungkapan bapak Ir. Petrus Kasihiw, MT, Bupati Teluk Bintuni.

Ragam kegiatan pada gelaran Indonesian Day yakni demo masak, coffee workshop sampai fashion runway. Tidak itu saja, ditambah dengan workshop dan talkshow yang akan berlangsung setiap jam. Tidak ketinggalan Wonderful Indonesia Presentation oleh VITO Perancis yang akan mengundang travel-travel agen Perancis.

Komunitas Indonesia di Perancis juga mendukung acara ini dengan mempersembahkan tari-tarian Nusantara. 

Sekadar informasi, pengunjung Village International Gastronomie bukan hanya dari warga Perancis, tetapi dari seluruh penjuru dunia. Hal ini karena Paris merupakan kota wisata dengan wisatawan terbesar di dunia.

Acara ini sangat bagus dan tepat sekali untuk mempromosikan Indonesia di dunia internasional. Acara ini merupakan kesempatan besar yang harus dipergunakan secara maksimal untuk membawa kiprah Indonesia di panggung internasional.

Semoga dengan partisipasi Indonesia di Village International Gastronomie 2022 akan membuat Indonesia pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat!. 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES