Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeEVENTSemangat Menyambut Tomohon International Flower Festival 2023, Ayo Visit Tomohon!

Semangat Menyambut Tomohon International Flower Festival 2023, Ayo Visit Tomohon!

Tomohon International Flower Festival (TIFF) atau Festival Bunga Tomohon sudah berlangsung sejak tahun 2008, merupakan acara turnamen dan karnaval bunga terbesar di Indonesia. Menurut situs resminya, Festival Bunga Tomohon pada mulanya digelar sebagai festival dua tahunan. Namun, sejak 2015, Festival Bunga Tomohon telah diakui oleh Kementerian Pariwisata RI (kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI) untuk digelar sebagai ajang tahunan dan masuk ke dalam kalender acara (calendar event) setiap tahunnya di kementerian tersebut.

Tomohon merupakan daerah yang memiliki hawa sejuk seperti di daerah dataran tinggi lainnya di Indonesia seperti Bandung, Bogor maupun Berastagi karena memiliki ketinggian sekitar 900-1.100 meter di atas permukaan laut. Karena kesejukan tersebut, bunga-bunga dapat tumbuh subur di Tomohon. Bunga merupakan aset turun-temurun masyarakat Tomohon dan menjadi identitas kota tersebut, termasuk untuk mempromosikan pariwisata daerah. Itulah mengapa, kota ini juga disebut “Kota Bunga”

Jenis bunga yang bisa ditemukan di sana bervariasi, termasuk krisan kuning dan putih cerah, dahlia merah dan ungu, serta bunga lili. Tak hanya di taman-taman, tetapi bunga tumbuh di mana-mana di sudut Kota Tomohon. Ketika bermekaran, seluruh kota akan dihiasi bunga dan tampak begitu cantik. Dengan beragam kekayaan alam berupa bunga-bunga tersebut, Tomohon International Flower Festival (TIFF) akhirnya hadir dan mengangkat kekayaan potensi lokal serta hasil budidaya dan pertanian bunga di Tomohon. 

TIFF ini merupakan acara kendaraan hias bunga terbesar di Indonesia.Tomohon International Flower Festival yang mengangkat tema “Tomohon Greets the World” ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam mengembangkan potensi daerah Tomohon. Selain dalam sektor pariwisata, diharapkan TIFF yang merupakan salah satu bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 ini juga berkontribusi di sektor lainnya seperti perdagangan, perindustrian, dan kebudayaan.

Dalam Festival Bunga Tomohon, bunga-bunga tersebut dirancang menjadi 22 floats atau kendaraan hias oleh kurang lebih 1.200 partisipan. Partisipan ini juga berasal dari berbagai macam instansi dan negara. Untuk Instansi, terdapat Kemenparekraf, Pemerintah Daerah Kab/Kota di Sulawesi Utara, dan BUMN yang berprestasi. Selain itu, teman-teman dari negara luar seperti Jepang, Pasadena USA, Belanda, Korea Selatan, dan Singapura juga turut berpartisipasi membuat floats.

Dengan keberhasilan Festival Bunga Tomohon pada tahun 2022 yang berlangsung dari 8-14 Agustus 2022, kini pemerintah Tomohon kembali bekerja keras untuk mempersiapkan Tomohon International Flower Festival di tahun 2023. Namun, tujuan utama gelaran Tomohon International Flower Festival di tahun depan, agar festival ini semakin mendunia. Agar semakin banyak orang yang datang mengunjungi Tomohon sehingga ekonomi daerah pun ikut bergeliat. “Kita sangat bersyukur kegiatan TIFF 2022 dapat berjalan lancar dan sukses, semoga tahun depan kegiatan ini akan jauh lebih meriah dan berdampak luas bagi kemajuan kota Tomohon tercinta ini,” ujar Vonny Josefien ketua panitia TIFF 2022.

Salah satu langkah penting yang telah dilakukan, dimana perwakilan pemerintah Tomohon  hadir dalam ajang Village International Gastronomy 2022 yang berlangsung di Paris, Perancis pada awal September ini. Kehadiran ini untuk memperkenalkan gelaran Tomohon International Flower Festival. Di Village International Gastronomy 2022, Indonesia tampil sebagai negara kehormatan (Honor Country).***

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES