Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeLIFESTYLE- HANGOUTRestaurant Indonesia, Restoran Pertama yang Kenalkan Makanan Indonesia di Paris

Restaurant Indonesia, Restoran Pertama yang Kenalkan Makanan Indonesia di Paris

Anita Sobron merupakan pemilik dari Restaurant Indonesia yang berlokasi di Kota Paris, Perancis. Dikatakan Anita, kehadiran restoran ini bermula dari ide sang ayah dan teman-temannya yang saat itu tinggal di Paris.

“Ayah saya dan teman temannya yang lain di Paris, memiliki ide membuka restoran Indonesia pertama di Paris. Mereka semua adalah intelektual dari berbagai bidang, ada dokter Insinyur wartawan hingga penulis. Untuk bertahan hidup dengan usia yang tidak muda, mereka sepakat untuk mendirikan restoran koperasi Indonesia di Paris,” jelas Anita.

Restaurant Indonesia berdiri sejak tahun 1982. Restaurant Indonesia ini hadir di Paris, karena Paris dikenal sebagai kota budaya.

“Orang Prancis biasanya ingin mencoba makanan negara lain, kenapa tidak coba kita tawarkan masakan Indonesia,” ungkapnya. Menurut Nita, tidak membutuhkan waktu lama sampai orang Perancis menyukai masakan Indonesia. Apalagi lokasi restoran yang berada di pusat kota Paris.

“Restoran kami tidak jauh dari taman Luxemburg, Senat (gedung dewan), Theatre Oden, hingga Universitas Sorbonne,” ucapnya.

Untuk semakin mengenalkan Restaurant Indonesia, Anita juga membangun kerjasama dengan beberapa asosiasi yang sering mengadakan pertemuan, ataupun untuk makan siang dan makan malam.

“Promosi dari mulut ke mulut mereka, sehingga banyak yang menjadi tamu setia kami,” tukasnya.

Ragam menu ditawarkan Restaurant Indonesia. Mulai dari rendang, sate ayam, gulai kambing, nasi goreng dan mie goreng.

“Kami juga ada menu yang lain, seperti bebek betutu, ikan pesmol,  ayam goreng sambal terasi dan masih banyak lagi yang lain,” imbuhnya.

Anita bersyukur melalui Restaurant Indonesia menjadi media untuk memperkenalkan dan mempromosikan, tidak hanya bumbu bumbu khas Indonesia tapi juga kebudayaan Indonesia.

“Setiap Sabtu, di restoran kami ada tarian tradisional Indonesia atau pun live musik Indonesia. Di restoran kami juga ada dekorasi wayang dan topeng, sehingga tamu-tamu kami bisa melihat sebagian seni Indonesia,” urainya.

Terkait bumbu-bumbu khas Indonesia, disebut Anita, tidak hanya membuat enak makanan tapi bagus dikonsumsi untuk kesehatan.

“Sejak beberapa tahun terakhir ini, orang Perancis mulai lebih mengenal bahwa kunyit dan sereh bagus untuk kesehatan. Itu salah satu bumbu yang kita paling sering dipakai di masakan tradisional Indonesia,” pungkasnya.***

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES