Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeNEWSProgram Pertapreneur Aggregator Berikan Banyak Keuntungan UMKM

Program Pertapreneur Aggregator Berikan Banyak Keuntungan UMKM

Program Pertapreneur Aggregator yang sedang dilaksanakan PT Pertamina (Persero) menuai apresiasi. Program ini dinilai berjalan dengan baik dan mendatangkan banyak keuntungan bagi mitra binaan UMKM yang mengikuti program tersebut.

Dimulai dari kesempatan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan kemudian adanya peluang untuk memperluas pasar (domestic to international).

Head Branch Promotion Djarum, Yohanes Dani, mengungkapkan untuk mampu bersaing di era digital saat ini, mitra binaan UMKM sangat penting memanfaatkan platform media sosial. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam hal melakukan campaign dan aktvitas promosi lainnya ke calon konsumen yang sesuai dengan target market produk tersebut. “UMKM dapat pula memaksimalkan penggunaan platform marketplace sehingga dapat lebih mudah untuk menjangkau konsumen dan juga menjaga availability produk,” jelas Yohanes dalam keterangannya, di Jakarta Senin 14 November 2022.

Menurut Yohanes, UMKM Indonesia sangat berpotensi menembus atau berkiprah di pasar global. Potensi tersebut terlihat dari beberapa peserta yang mengikuti program Pertapreneur Aggregator yang sudah bisa mulai merambah ke pasar internasional.

Dia menyarankan jika UMKM ingin menembus pasar internasional harus memiliki unique selling point, quality management system dan legal document atau sertifikasi.

Sebanyak 10 mitra binaan Pertamina akan berlaga pada babak Final Fitching Day menuju juara dan best innovation awarded di ajang Pertapreneur Aggregator pada 4 Desember 2022. 

Mereka adalah Sathya Narayana (Denara Duta Mandiri), Nurhayati Aisyah (Asia Garment Internasional), Putu Wilas (CV Natural Bali Kulkul), Intan Anastasia Amsyah (Hitara Black Garlic), Bambang Tri Mulyono (Mbah Hardjo), Ismail Marzuki (Bali Honey Republic), Agung Setiawan (CV Woodeco Indonesia), Meeta A Fauzan (CV Aamira), Ni Made Roni (Made Tea) dan Wayan Putri Antara (CV Bali Ayu Shop). Yohannes terlibat dalam babak Semi Final Fitching Day.

Beberapa UMKM peserta Pertapreneur Aggregator, kata dia, sudah sangat baik secara networking, baik ke investor maupun sesama mitra.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES