Para pelaku UMKM selain beradaptasi dan berinovasi juga perlu meningkatkan ilmu dan strategi dalam berbisnis. Hal ini dilakukan agar dapat bertumbuh dan bertahan dalam menghadapi berbagai situasi ekonomi, termasuk ancaman resesi global pada tahun depan yang dikhawatirkan oleh berbagai kalangan.
Sayangnya, mengembangkan bisnis skala kecil memang tak mudah. Maka, untuk membuat lompatan besar, tentu pelaku usaha harus memahami strategi apa saja yang diperlukan.
Berikut cara mengelola usaha mikro bisa lekas ‘naik kelas’ dan mampu bersaing di pasar global serta memiliki daya tahan kuat menghadapi disrupsi-disrupsi ekonomi selanjutnya. Simak ulasannya.
Punya Legalitas Usaha
Para pelaku usaha harus mengetahui bahwa legalitas selalu menjadi aspek penting yang harus didahulukan dalam membangun suatu bisnis Dengan adanya legalitas, maka kepercayaan konsumen terhadap suatu usaha akan meningkat hingga memudahkan suatu usaha melakukan pengajuan modal atau pinjaman. Sehingga, penting bagi para pelaku usaha untuk mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha). Tak hanya sebagai identitas pelaku usaha, NIB juga sekaligus berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), Akses Kepabeanan, terutama jika pemilik usaha melakukan kegiatan ekspor maupun impor.
Manfaatkan Teknologi Digital dalam Berbisnis
Di era dengan teknologi digital seperti sekarang, membuat para pelaku usaha untuk selalu beradaptasi dengan teknologi baru. Begitu juga dalam melakukan strategi penjualan yang efektif, Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu. Mulai dari memanfaatkan media sosial, marketplace, metode pembayaran online, teknologi barcode untuk informasi produk dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kebanyakan UMKM naik kelas itu juga menggunakan iklan online, mulai dari FB Ads, TikTok Ads, IG Ads, dan lain-lain. Dengan cara ini, mereka mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Hingga akhirnya profitnya meningkat.
Inovatif dan Mengedepankan Riset
Sebuah riset sangat penting untuk sebuah bisnis. Dengan cara riset, maka para pelaku usaha dapat mengenal karakter target pasar lebih dalam, menganalisa strategi yang dilakukan kompetitor, mengetahui kebutuhan dan permintaan pasar hingga mengatasi kendala dan risiko. Bahkan, dengan melakukan riset terhadap pasar, maka suatu usaha bisa menambah peluang hingga menghasilkan produk yang inovatif hingga bisa punya nilai dan keunikannya tersendiri. Adapun dalam melakukan riset pasar, Anda dapat menghubungi atau bertemu langsung sejumlah orang yang menjadi calon konsumen potensial di usaha Anda dan tawarkan produk dan layanan ke target pasar yang sudah ditentukan. Tentunya, dari hasil informasi yang Anda dapatkan akan berguna untuk menyiapkan rencana pemasaran yang tepat.