Tuesday, February 27, 2024
spot_img
HomeNEWSBuka IIMS 2023, Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Buka IIMS 2023, Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta hari pada Kamis (16/2/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa penjualan kendaraan di Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahun.

“Pada 2022 kemarin, penjualan mobil mengalami peningkatan hingga mencatat angka 1,048 juta unit, sedangkan sepeda motor di angka 5,221 juta unit,” ujar Jokowi.

Namun, lanjut Jokowi, hal ini mengakibatkan kemacetan di mana-mana. Oleh karena itu, beliau meminta seluruh industri otomotif Indonesia lebih berorientasi pada ekspor.

“Peningkatannya memang sudah tajam dari tahun 2021 ke 2022, dari kurang lebih 300 ribu naik hampir 600 ribu. Saya ucapkan terima kasih pada industri otomotif yang meningkatkan ekspornya 100 persen,” jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan ini juga mengajak semua pihak mendorong penggunaan kendaraan listrik. Hal ini dilakukan untuk mendukung target pemerintah dalam transisi energi sekaligus pengurangan emisi karbon. Untuk itu, Jokowi mengimbau seluruh stakeholder industri otomotif di Indonesia mulai melihat tren kendaraan listrik ini dan secara bertahap juga ikut mengembangkan kendaraan listrik.

“Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah tren yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu dari LCGC (Low Cost Green Car) ke mobil listrik,” ujar Jokowi
Presiden menyampaikan, pemerintah berkomitmen mendorong terbentuknya industri kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Sehingga Indonesia ke depan bisa masuk dalam supply chain global kendaraan listrik.[]

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES