Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeLIFESTYLE- CULTUREJalinan luncurkan semangat Merdeka lewat Giat Kreasi Indonesia.

Jalinan luncurkan semangat Merdeka lewat Giat Kreasi Indonesia.

Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya dan warisan budaya yang tercermin dalam beragam jenis kain tradisional, atau yang dikenal dengan sebutan Wastra Nusantara. Para Fashion designer Indonesia memiliki peran penting dalam mempertahankan dan mempromosikan kekayaan budaya ini melalui karya-karya kreatif mereka.

Mengusung semangat Merdeka atas dirgahayu republik Indonesia yang ke 78 tahun nya, Jalinan sebagai fashion brand telah menghelat acara Giat Kreasi Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus 2023 di Graha Persahabatan, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Ragam kegiatan selama dua hari ini dihiasi dengan sentuhan pengetahuan tentang Wastra Nusantara. “Keseruan utama kegiatan ini dengan menghadirkan beragam seni khas nya Indonesia, mulai dari peragaan busana memakain Wastra Indonesia, music dan tari tradisional hingga bincang wastra dan kopi kekayaan Indonesia” Ucap Dave Tjoa sebagai salah satu fashion designer dari Jalinan.

Bincang Wastra bersama Dave Tjoa, Fashion Designer & Pemerhati Budaya.

Memanfaatkan ragam motif, warna dan Teknik tradisional dari wastra Nusantara sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan karya-karya unik. Pengrajin daerah menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan sentuhan modern sehigga menciptakan busana yang memadukan keindahan masa lalu dengan trend masa kini. Dipaparkan dengan santai dalam mengedukasi pengunjung oleh Jalinan, Bincang Wastra menjadi diskusi yang menarik yang mampu membuat pengunjung jadi lebih cinta kain-kain tradisional Nusantara.

Giat kreasi Indonesia ini menjadi ajang event dalam mengusung wastra Nusantara juga membuka peluang untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke pasar nusantara. Partisipasi dalam pameran mode dan kolaborasi dengan brand nusantara ini membantu meningkatkan apresiasi global terhadap wastra Nusantara.

Kehadiran fashion designer Indonesia dalam mengusung wastra Nusantara menghasilkan karya-karya unik yang memadukan kekayaan budaya tradisional dengan sentuhan modern. Dalam Upaya ini, Giat kreasi Indonesia mendapat dukungan penuh dari komunitas Perempuan Pelestari Budaya Indonesia (PPBI) yang juga berperan terhadap pelestarian budaya Indonesia dan promosi warisan budaya Indonesia dimata dunia. Dan dukungan ini diharapkan terus berkembang agar wastra Indonesia dapat dikenal oleh generasi-generasi mendatang.

Jalinan dan Talkshow Bicara Wastra

Setelah berhasil dalam menghelat Giat Kreasi Indonesia, Dave Tjoa dari Jalinan ingin meneruskan acara seperti ini diwaktu lainnya. “Kami akan terus mengadakan dan gelar wicara yang melibatkan lebih banyak ragam UKM dan pegiat seni tradisional yang beberapa tahun terakhir terpukul pandemi untuk bangkit lagi”. Ucap Dave Tjoa dalam wawancara media Versihub.

Diakui Dave Tjoa, Karena melestarikan budaya Indonesia ini membutuhkan sinergi dengan seluruh lapisan Masyarakat sehingga warisan budaya Indonesia ini mampu di cintai anak-anak muda Indonesia. Turut meramaikan dan memberi dukungan dari pegiat seni tari Belantara Budaya Indonesia yang menyuguhkan tarian tradisional nya. Tidak hanya itu saja, bahkan Giat Kreasi Indonesia akan berdampak besar bagi UKM Indonesia. Dave Tjoa berharap akan banyak lagi pegiat fashion designer tanah air yang mengolah kreasi nya dengan menggunakan Wastra Nusantara.

Penari Belantara Budaya Indonesia

Mengakhiri sesi wawancara siang itu, Dave Tjoa berharap bahwa karya yang dihasilkannya bisa menjadi inspirasi bagi semua Penikmat wastra Nusatara, dicintai generasi penerus, pecinta seni tari budaya dan kondisi ini juga turut menyokong perekonomian UKM Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

NEW UPDATES