Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Makna Fest 2024 perdana resmi digelar pada 9 Maret 2024 dari pukul 07.00 – 22.00 WIB, yang berlokasi Gedung Menara 165, Jakarta Selatan. Acara ini diikuti ribuan keluarga muslim Indonesia yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Kerinduannya hanya satu, memperdalam makna Islamnya menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H.
Makna Fest 2024 mengenalkan konsepnya dengan tema Mengisi Jiwa, Menebar Asa merupakan pilar kehidupan dalam menguatkan ketenangan hati berlafaskan Islam. Antusias 8.000 peserta yang begitu besar membuat semarak kajian Makna Fest 2024 ini menjadi lebih menyatu dalam kekeluargaan yang hangat. “Makna Fest dimaksudkan sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan diri secara spiritual, meningkatkan pemahaman 5 Makna dalam ajaran Islam, dan meraih manfaat yang maksimal dari bulan suci Ramadhan, Alhamudulillah kami berkesempatan memfasilitasi acara dengan persiapan yang cukup singkat ini” Ungkap Muhammad Assad sebagai Co-Founder dan Chairman Makna & Co pencetus Makna Fest ini.
Acara ini menjadi penting karena telah didukung dari berbagai kalangan komunitas, Perusahaan dan juga pelaku usaha UKM dalam bersinergi menggaungkan bisnis halal yang menjadi salah satu pilar dari Makna Fest ini sendiri. Pebisnis Muslim, seperti pebisnis pada umumnya, juga menghadapi sejumlah permasalahan yang khusus terkait dengan aspek keagamaan dan prinsip-prinsip Islam. “Kita harus akui, tidak adanya pendidikan dan pelatihan bisnis syariah yang memadai dapat menjadi hambatan. Pebisnis Muslim perlu memahami prinsip-prinsip bisnis syariah untuk mengelola usaha mereka sesuai dengan ajaran Islam.” Ungkap Mahendra Koesumawijaya selaku Kepala Unit OCBC Syariah turut mendukung acara Makna Fest yang diawali roadshow berbagai kota lainnya.
Mengisi jiwa dan menebar asa dalam Makna Fest 2024 ini juga diikuti puluhan peserta dari kalangan selebriti turut hadir dalam acara kajian ini, sebut saja Dude Herlino dan Baim Wong yang memberikan dukungannya untuk seluruh panitia Makna Fest yang telah bermanfaat mensukseskan acara ini. Di sisi lain, terlihat juga Ririn Ekawati dan Mulan Jamilah yang hadir penuh senyuman dan menikmati kajian Makna Fest dengan suasana hangat di Tengah Ballroom Granada, Menara 165, Jakarta.
Dalam acara ini, Makna & Co mengemas 5 konsep pilar kehidupan berlafaskan, yakni Makna Makna Raga, Makna Karya, Makna Rasa, Makna Cinta dan Makna Jiwa yang diikuti antusias membludaknya dari generasi millennial dan Gen-Z konsep kajian secara unik ala anak Jaksel yang membuat antusias anak muda cukup mudah belajar Islam dengan cara yang menyenangkan.
Dalam setiap sesi berlangsung 2 jam menghadirkan ustadz kondang dan artis terkenal. Sebut saja, Sesi 1: Makna Raga menhadirkan Ustadz Ko Dennis Lim bersama Clara Shinta & Syakir Daulay dengan tema “Fisik Boleh Lelah, tapi hati gak boleh menyerah”. Lalu Sesi 2: Makna Karya bersama Nur Asia Uno, Irish Bella, Sheyla Taradia Founder Beeme, Erlyanie Founder B’erl Cosmetic, Ira Nandha, dan Putri Dwiandari Sesi Women Inspirasi mengusung tema “Cerita, Cita dan Cinta”. Selanjutnya Sesi 3: Makna Rasa bersama Ustadz Hilman Fauzi, Natasha Rizky & Muhammad Assad mengulas “Overthingking dengan masa depan? Emang boleh sangat menjiwai dan syahdu. Sesi 4: Makna Cinta bersama Ustadz Oemar Mita bersama Dhini Aminarti & Dimas Seto membahas “Keluarga, Rumah kita bercerita” penuh romansa. Sementara Sesi 5: Makna Jiwa bersma Ustadz Handy Bonnie bersama Nabilah JKT48 & Dara Arafah ditutup dengan judul “Masa hidup gala uterus? Sorry yee” sangat menggelitik hingga tidak ada yang beranjak walau waktu sudah menunjukan pukul 22.00 WIB.
Penutupan sesi Makna Fest 2024 menjadi semakin meriah dengan hadirnya Bapak H.Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, “Saya sangat bangga diundang Muhammad Assad Ketua Umum HIPMI Jakarta Selatan yang telah menyelenggarakan momentum kajian Islam dalam menyambut bulan Suci Ramadhan ini, senantiasa kita selalu dibimbing dalam hangatnya ajaran Islam yang kuat.” Ungkap Menteri Sandiaga Uno yang menyempatkan diri langsung tiba Jakarta dari kunjungan kerja daerahnya.
Di dalam ajaran Islam, jiwa merupakan karunia dari Allah SWT yang perlu dijaga dan diperkaya. Allah menciptakan manusia dengan jiwa yang unik, dan tugas manusia adalah merawat jiwa tersebut agar mencapai kesempurnaan. Salah satu cara Makna & Co sebagai Komunitas dan Organizer untuk mengisi jiwa adalah melalui kegiatan kajian dakwah ini yang akan di helat di berbagai kota-kota lainnya diseluruh Indonesia.
Makna & Co turut berterimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam acara Kajian Makna Fest 2024 yang didukung oleh Bank OCBC Syariah, Makna Tour, Tiki, Beeme, Berl, Wearing Klamby, Baitullah, Dea Textile, Sofyan Group, Dana Syariah, RS Mandaya Puri, Haus, Mixtra, Wardah, TW Wedding, Es the, Sagaleh, Abuba, Adika dan seluruh brand UMKM yang telah bersinergi dan mendukung Makna Fest 2024 ini. “Kami sangat mengapresiasi sekali atas support dan dukungan teman-teman brands yang telah membawa Makna Fest ini menjadi inspirasi umat Muslim dalam keberkahan jelang Ramadhan 1445 H” Ungkap Indah Warsetio, selaku Co-Fonder & CEO Makna & Co ini. Selanjutnya, Makna & Co terus menguatkan konsep kajian ini dengan mengusung kegiatan sosial dan berbagi yang positif. Islam mendorong umatnya untuk memberikan manfaat kepada sesama, memperbaiki hubungan antarmanusia, dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Dengan berbagi kebaikan dan menebar asa, seseorang dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Terus Bersama Makna & Co dalam bermanfaat menciptakan harmoni dalam kehidupan dunia dan akhirat. (IW)